Budidaya dan Pemberian Bibit Babi Unggul Kepada Masyarakat di Desa Teluk Bakung
Home » Artikel & Laporan  »  Budidaya dan Pemberian Bibit Babi Unggul Kepada Masyarakat di Desa Teluk Bakung
Budidaya dan Pemberian Bibit Babi Unggul Kepada Masyarakat di Desa Teluk Bakung

KUBU RAYA, sampankalimantan.id- Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Mandiri Makmur, mendorong adanya upaya pengembangan perekonomian masyarakat melalui pemberian bibit babi unggul dan budidaya ke peternak di Desa Teluk Bakung, pada Sabtu (2/12/2023).

Ketua Badan Pengurus SAMPAN Kalimantan, Fajri menyampaikan, pemberian bibit babi tersebut nantinya, akan dilakukan oleh kelompok anggota KUPS Mandiri Makmur.

“Untuk pembelian bibit babi akan dilakukan pada bulan Januari, setelah natal dan tahun baru, mengingat untuk harga yang diperoleh akan jauh lebih murah dan terjangkau,” ujar Fajri.

Sebab, harga kebutuhan babi menjelang natal dan tahun baru akan diperkirakan semakin meningkat seiring bertambahnya permintaan masyarakat di Kalimantan Barat.

Pemilihan bibit babi tersebutpun, dipilih dengan memperhatikan kualitas dan keunggulan dari peternak yang telah membudidayakannya.

Fajri menyampaikan, selain pemberian bibit babi kepada masyarakat, KUPS sendiri juga mengupayakan akan melakukan pembuatan kandang dari pembibitan ternak babi tersebut.

“Kita mengupayakan, adanya pembuatan kandang ternak babi di Desa Teluk Bakung,” cetusnya.

Untuk persiapan yang dilakukan, dirinya mengatakan perencanaan tersebut akan secepatnya dilakukan.

Harga yang ditawarkan dari dari para peternakpun, cukup bervariasi, mulai dari 500 ribu hingga 1 juta.

Menurutnya, pemilihan babi jenis Canada ini dikarenakan mempunyai bibit yang unggul, mulai dari ukuran babi, hingga postur babi yang jauh lebih besar di bandingkan babi kampung pada umumnya.

Hal senadapun disampaikan oleh, anggota KUPS Silvopastura Mandiri Makmur, Natasius bahwasanya pemilihan bibit unggul yang baik, haruslah dengan memperhatikan kualitas dari babi tersebut.

“Perlu dilakukan kawin silang antara babi jantan Canada dan babi betina kampung, untuk mendapatkan produk bibit yang unggul,” ungkap Natasius.

Kegiatan pemberian bibit babi di Desa Teluk Bakung ini, melibatkan 15 Anggota Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Mandiri Makmur.(Kontributor: Lusi)*

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top
Scroll to Top