Kepiting Bakau Jadi Komoditas Unggulan Desa Dabong
Home » Artikel & Laporan  »  Kepiting Bakau Jadi Komoditas Unggulan Desa Dabong
Kepiting Bakau Jadi Komoditas Unggulan Desa Dabong

Editor: Evi

KUBU RAYA, sampankalimantan.id-Kepiting bakau menjadi salah satu komoditas unggulan di sektor perikanan yang ada di Desa Dabong yang memiliki nilai ekonomis tinggi, sehingga upaya pengembangan dan budidaya kepiting perlu dioptimalkan.

Masyarakat yang tinggal di Desa Dabong, sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. Hasil tangkapan menjadi sumber utama penghasilan masyarakat setempat.

Selain banyaknya komoditas kepiting di Desa Dabong, harga jual yang ditawarkan oleh para pengepul kepiting cukup menjanjikan mereka, baik nelayan tangkap maupun budidaya.

“Komoditas kepiting bakau betul-betul diunggulkan, pertama karena mudah untuk mencarinya kedua harga yang tinggi,” ujar Ridwanto, selaku Ketua LPHD Dabong, Kamis (14/12/2023).

“Adapun untuk perbedaan harga jual, untuk yang tangkapan di bawah dari harga budidaya dan juga mutu kepititng jauh lebih berbobot dan berisi,” tambahnya.

Ekosistem mangrove mempunyai peran penting, sebagai habitat utama dari kepitng bakau.

Oleh karena itu, kebijakan pengelolaan penangkapan kepiting untuk pelaku usaha perlu diupayakan melalui budidaya kepiting.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top
Scroll to Top