Kegiatan Refleksi Peningkatan Pengelolaan Hutan Desa Menuju Tahun 2024 yang Lebih Baik
Home » Artikel & Laporan  »  Kegiatan Refleksi Peningkatan Pengelolaan Hutan Desa Menuju Tahun 2024 yang Lebih Baik
Kegiatan Refleksi Peningkatan Pengelolaan Hutan Desa Menuju Tahun 2024 yang Lebih Baik

Editor: Evi

Kegiatan Refleksi Peningkatan Pengelolaan Hutan Desa, Selasa (19/12/2023)

KUBU RAYA, sampankalimantan.id- Sahabat Masyarakat Pantai (SAMPAN) Kalimantan, mengelar kegiatan evaluasi kinerja, yang bertajuk “ Refleksi Kerja Lembaga Pengelola Hutan Desa 2023 Menuju Pengelolaan Hutan Desa Tahun 2024 yang Lebih Baik,” bertempat di Kantor SAMPAN Kalimantan, Selasa (19/12/2023).

Kegiatan refleksi ini diikuti oleh dua puluh Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) yang ada di landcape bentang Kubu Raya Padang Tikar, meliputi LPHD Dabong, Mengkalang, Seruat Dua, Kampung Baru, Ambawang, Sungai Bemban, Tanjung Beringin, Betuah, Teluk Bakung, Teluk Nibung, Nipah Panjang, Medan Mas, Padang Tikar Satu, Tasik Malaya, Sungai Besar, Sungai Jawi, Ambawara, Tanjung Harapan, dan Batu Ampar.

Dalam kesempatan tersebut, masing-masing LPHD wilayah mempresntasikan hasil kinerja LPHD selama setahun pekan, dan juga diadakannya kegiatan diskusi dan tanya jawab kepada masing ketua LPHD, yang didampingi oleh SAMPAN Kalimantan.

Perhutanan sosial menjadi program penting yang akan terus digarap dan diperkuat di tahun 2024 mendatang, ini diharapkan bisa menjawab ketimpangan pengelolaan kawasan hutan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar hutan.

Ketua Sampan Kalimantan, Fajri Nailus menyampaikan, tujuan diadakanya kegiatan refleksi ini untuk perencanaan kegiatan pengelolaan hutan di tahun 2024 mendatang, dalam merumuskan kegiatan kelola kawasan, kelola usaha, dan kelola lembaga agar tetap terus berjalan.

“Merefleksikan kembali capaian hasil sepanjang tahun 2023, dan nantinya akan menjadi kegiatan rencana untuk kedepanya agar terus dioptimalkan,” ujarnya.

Ia mengatakan, pengelolaan perhutanan sosial merupakan upaya untuk melestarikan hutan, melalui pemberdayaan masyarakat setempat, dalam pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Melalui kegiatan refleksi ini, diharapkan kegiatan pengelolaa hutan terus dapat diupayakan, untuk memajukan hutan desa, sehingga terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top
Scroll to Top