19 Lembaga Desa Pengelola Hutan Melakukan Penyusunan RKT 2024 Bersama KPH
Home » Artikel & Laporan  »  19 Lembaga Desa Pengelola Hutan Melakukan Penyusunan RKT 2024 Bersama KPH
19 Lembaga Desa Pengelola Hutan Melakukan Penyusunan RKT 2024 Bersama KPH

Editor: Evi

Foto bersama usai kegiatan pembahasan dan penyerahan RKT kepada KPH Dikantor SAMPAN kalimantan, Rabu (20/12/2023)

KUBU RAYA, sampankalimantan.id- Kegiatan penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT), Bersama KPH, diikuti oleh 19 Lembaga Desa Pengelola Hutan, yang dilaksanakan di kantor SAMPAN Kalimantan, pada Rabu (20/12/2023).

Rencana Kerja Tahunan (RKT) bertujuan untuk menciptakan pengelolaan hutan secara lestari, sehingga masyarakat Desa dapat memanfaatkan potensi hutan Desa yang ada.

"Kegiatan hari ini kita memfokuskan lebih ke teknis penyusunan, jadi sebetulnya RKT tersebut merupakan rincian dari RKPS akan menyesuaikan dengan kegiatan dilapangan," ungkap, Cucu Suwarna, selaku Analisis Pengembangan Hutan.

Ia menjelaskan, berkaitan dengan isi yang meliputi seluruh kegiatan, mulai dari kegiatan konservasi, hingga pembahasan kegiatan pengelolaan hutan maupun kearifan lokal.

Menurutnya, penyusunan tersebut haruslah mengacu pada RKT yang sudah disepakati oleh pihak secara bersama.

Cucu mengungkapkan, dalam rencana kawasan pembangunan sangat bergantung terhadap bantuan yang diperoleh. Kegiatan nantinya akan direalisasikan keseluruhannya, baik yang sudah tercapai, dalam proses, maupun yang belum.

"Misalnya dalam kegiatan pembibitan, penanaman dan pemeliharaan itu harus disesuaikan dengan waktu dan jumlah banyaknya perlu didata dan direalisasikan," jelasnya.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top
Scroll to Top