Selamatkan Lahan Kritis Penanaman Pohon Serentak Terus Digencarkan
Home » Artikel & Laporan  »  Selamatkan Lahan Kritis Penanaman Pohon Serentak Terus Digencarkan
Selamatkan Lahan Kritis Penanaman Pohon Serentak Terus Digencarkan

Penanaman serentak diseluruh Indonesia yang dilaksanakan di Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Minggu (14/01/2024).

KUBU RAYAsampankalimantan.id- Penanaman pohon serentak di seluruh provinsi di Indonesia kembali dilakukan, kegiatan penanaman kali ini dilaksanakan di Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, pada Minggu (14/01/2024).

Kegiatan penanaman pohon ini, sebelumnya dilakukan pada tanggal 30 Desember 2023 yang lalu, dan sekaligus melaksanakan arahan yang turun dari Presiden RI untuk terus melakukan penanaman di sepanjang musim penghujan tahun 2023/2024.

Menindaklanjuti arahan tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah mengagendakan penanaman pohon serentak lanjutan, pada bulan Februari hingga bulan April 2024 mendatang di seluruh Indonesia.

Adapun untuk lokasi penanaman, merupakan lokasi lahan kritis yang menjadi target pemerintah, dalam upaya pemulihan kualitas lingkungan hidup, serta mencegah terjadinya longsor dan banjir di wilayah tersebut.

Penanaman pohon secara serentak, merupakan salah satu bukti nyata dalam menanggulangi perubahan iklim yang terjadi, terutama disaat musim hujan yang berkepanjangan akan memberikan dampak terutama terjadinya banjir.

Salah satu penyebab banjir, karena semakin berkurangnya tutupan hutan yang berada di tiap wilayah akibat adanya penebangan maupun kerusakan hutan, yang tentunya berdampak terhadap keberlangsungan makhluk hidup.

Oleh karena itu, pentingnya menumbuhkan kesadaran bersama bahwa dengan menjaga hutan, berarti melindungi seluruh komponen kehidupan yang ada di dalamnya, dengan terus melakukan upaya penanaman pohon.

Ketua LDPH Desa Dabong, Ridwanto menyampaikan, dukungan dan apresiasinya dalam upaya pengelolaan perhutanan sosial yang dilakukan melalui pendampingan SAMPAN Kalimantan.

“Kami dari kelompok perhutanan sosial sangat mendukung, karena dengan adanya kegiatan ini menjadi perhatian bersama dalam menjaga ekosistem lingkungan, terutama dalam rehabilitasi hutan dan lahan,” ujarnya.

Ia pun berharap, kegiatan penanaman dapat terus berlanjut baik di tingkat Provinsi, maupun di seluruh Indonesia, terutama di wilayah Desa yang sudah mendapatkan izin dalam pengelolaan hutan, agar nantinya juga ikut serta dalam penanaman.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top
Scroll to Top