Penyerahan Secara Simbolis Bibit Kepiting Bakau Kepada KUPS Silvofisheri Dabong Berkah
Home » Artikel & Laporan  »  Penyerahan Secara Simbolis Bibit Kepiting Bakau Kepada KUPS Silvofisheri Dabong Berkah
Penyerahan Secara Simbolis Bibit Kepiting Bakau Kepada KUPS Silvofisheri Dabong Berkah

Editor : Evi

Serah terima Bibit Kepiting Dari PT. BSM ke KUPS Silvofisheri Dabong berkah, kamis (18/01/2024)

KUBU RAYA, sampankalimantan.id- PT. Belantara Sejahtera Mandiri (BSM) melalui pendampingan SAMPAN Kalimantan, melakukan kegiatan penyerahan secara simbolis bibit kepiting bakau kepada Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Silvofisheri Dabong Berkah, pada Kamis (18/1/2024).

Kegiatan penyerahan bibit kepiting tersebut, dihadiri langsung oleh perwakilan PT. BSM dan SAMPAN Kalimantan, beserta pihak LDPH Desa Dabong dan juga perwakilan anggota KUPS Silvofisheri Dabong Berkah.

Sebanyak 50 kg atau sekitar 378 ekor kepiting bakau berukuran berat 100-130 gram, untuk dijadikan bibit. Kegiatan budidaya pembesaran kepiting ini, dilakukan di tambak milik KUPS Silvofisheri Dabong Berkah.

“Komitmen untuk terus mendukung kegiatan perhutanan sosial, khususnya dalam pengembangan usaha budidaya kepiting, menjadi landasan untuk mendorong semangat para nelayan di Desa Dabong,” ujar Dohardo M. Hasugian, selaku Assitant Community Development PT BSM.

Ia pun berharap, kedepan agar mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat luas, dalam meningkatkan kemajuan ekonomi daerah, melalui pemberdayaan masyarakat dalam kelola usaha.

“Semoga kerja sama yang terjalin dapat berlangsung dengan baik, memberikan manfaat yang berkelanjutan, sehingga masyarakat dapat berkontribusi dalam perhutanan sosial melalui kegiatan kelola usaha,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua LDPH Desa Dabong, Ridwanto menyampaikan melalui KUPS Silvofisheri Dabong Berkah, pengembangan budidaya kepiting diharapkan, dapat mengoptimalkan potensi sektor laut dalam memberikan manfaat ekonomi yang lebih besar bagi masyarakat setempat.

Mengingat kepiting di Desa Dabong merupakan komoditas unggulan, prospek pengembangan yang baik karena memiliki nilai ekonomi tinggi dan potensi pasar yang luas. Untuk itu, diperlukan adanya upaya dalam mendorong kesejahteraan masyarakat, agar lebih bersaing dalam pasar yang lebih besar.

Selain itu, praktik budidaya kepiting juga dapat memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat lokal dan pelestarian lingkungan, seperti yang terlihat dalam berbagai kegiatan pengembangan usaha di beberapa desa melalui pendampingan SAMPAN Kalimantan.

“Dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di kawasan perhutanan sosial, dalam upaya budidaya kepiting, sekaligus mendukung pelestarian hutan mangrove,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Imam Asari, selaku Anggota KUPS Silvofisheri Dabong Berkah, pengembangan bibit yang telah disalurkan diharapkannya, dapat mencapai keberhasilan terutama meningkatkan populasi kepiting dalam budidaya.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung kelola usaha, terutama PT. BSM melalui pendampingan yang dilakukan oleh SAMPAN Kalimantan,” tuturnya.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top
Scroll to Top