Patroli Pengamanan Kawasan Hutan Desa Teluk Bakung
Home » Artikel & Laporan  »  Patroli Pengamanan Kawasan Hutan Desa Teluk Bakung
Patroli Pengamanan Kawasan Hutan Desa Teluk Bakung

Editor: Evi

Anggota tim patroli melakukan pembersihan pohon tumbang dijalur kawasan hutan Desa Teluk Bakung.

KUBU RAYA, sampankalimantan.id- Kegiatan perlindungan dan pengamanan hutan terus dilakukan dalam mendukung upaya kelestarian hutan, seperti kegiatan patroli hutan yang dilakukan di kawasan Desa Teluk Bakung, pada Senin (15/1/2024).

Patroli hutan menjadi kegiatan rutinitas, untuk menjaga hutan dan tindakan pencegahan terhadap gangguan seperti perambahan, penebangan pohon secara liar, dan kerusakan hutan lainnya, untuk memastikan keberlanjutan ekosistem dapat terjaga dengan baik.

Kegiatan patroli kali ini, di Desa Teluk Bakung melibatkan empat orang tim anggota patroli dan juga didampingi oleh Fasilitator Desa SAMPAN Kalimantan. Pelaksanaan kegiatan patroli ini dilakukan pada empat titik jalur lokasi disepanjang kawasan hutan tersebut.

Hasil dari kegiatan patroli kawasan hutan Desa Teluk Bakung yang dilakukan, ditemukan adanya pohon tumbang dijalur kawasan patroli. Tim pun melakukan pembersihan pohon dan ranting yang menutupi akses jalan tersebut, sehingga jalan dapat dilalui kembali berkat kerja sama dan gotong royong antar tim.

Temuan selanjutnya, anggota tim patroli mendapati adanya penemuan pohon kerucut, yang sudah dalam keadaan siap untuk diangkut, kayu yang berdiameter 12 meter ini berada di kawasan hutan Desa yang di duga milik salah satu warga Desa Teluk Bakung.

Tim patroli mengungkapkan bahwa patroli penyelamatan hutan aman kian hari, akan semakin diperketat untuk menuntaskan tindakan kerusakan hutan di dalam kawasan. Kegiatan patroli juga akan diselingi dengan pengambilan bibit pohon, sebagai bentuk upaya pemulihan ekosistem.

Melalui adanya pengembangan usaha perhutanan sosial di Desa Teluk Bakung diharapkan dapat mengupayakan pemanfaatan hutan melalui pemberdayaan masyarakat setempat, melalui kelola potensi hutan dalam mendukung keberlanjutan sumber daya alam.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top
Scroll to Top