Manisnya Madu Kelulut Memberikan Manfaat Hutan Bagi Kehidupan
Home » Artikel & Laporan  »  Manisnya Madu Kelulut Memberikan Manfaat Hutan Bagi Kehidupan
Manisnya Madu Kelulut Memberikan Manfaat Hutan Bagi Kehidupan

Editor: Evi

Budidaya madu kelulut di Desa Padang Tikar Satu.

KUBU RAYA, sampankalimantan-id- Lebah yang menghasilkan madu, memiliki segudang manfaat dalam kehidupan. Permintaan madu meningkat seiring pengetahuan masyarakat, akan manfaat yang begitu melimpah terutama dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Budidaya Madu Kelulut yang berada di Desa Padang Tikar Satu, merupakan langkah awal masyarakat menjaga hutan untuk perkembangbiakannya, guna menjaga habitat asli dan kelangsungan hidup dari lebah itu sendiri.

Kawasan hutan rimbun penghasil dari berbagai jenis tanaman, yang menjadi sumber makanan bagi lebah. Memberi kebebasan dan ruang terbuka menjadi salah satu upaya peternak lebah madu melakukan pembudidayaan. Tak heran, di Desa Padang Tikar Satu banyak masyarakat melakukan budidaya madu kelulut yang dianggap memiliki nilai jual yang tinggi.

Iwan selaku Sekretaris LDPH Padang Tikar Satu, menuturkan perlindungan kawasan menjadi kewajiban bersama, dalam mengurangi atau mengatur pola aktivitas masyarakat di dalam hutan.

Keberhasilan pemberdayaan masyarakat dapat diukur dengan adanya peningkatan kesejahteraan mayarakat dan perubahan pola pikir masyarakat setempat, dalam upaya pelestarian hutan.

Iwan menyampaikan, selain memiliki khasiat yang banyak, pembudidayaan dari madu kelulut juga sangat mudah, baik dari pemeliharaan dan pemberian pakan bisa diperoleh dari lingkungan sekitar.

“Makanan dari lebah penghasil madu kelulut didapat dari bunga kelapa atau manggarnya, dan beberapa diperoleh dari perhutanan mangrove,” ujarnya.

Oleh sebab itu, berkurangnya aktivitas masyarakat di hutan, maka akan mengurangi dampak bahaya kerusakan lingkungan, sehingga masyarakat akan merubah pola hidup dari memanfaatkan hutan, menjadi pengupayaan pelestarian.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top
Scroll to Top