Ubondas Khas Desa Dabong Enak Dan Praktis
Home » Artikel & Laporan  »  Ubondas Khas Desa Dabong Enak Dan Praktis
Ubondas Khas Desa Dabong Enak Dan Praktis

Editor: Evi

Produk ubondas Desa Dabong.

KUBU RAYA, sampankalimantan.id- Mengenal olahan makanan khas Desa Dabong, yang dikenal dengan sebutan Ubondas atau Udang Rebon Pedas.

Ubondas memiliki cita rasa yang nikmat dan gurih, olahan yang satu ini bisa dijadikan sebagai lauk atau hidangan makanan sehari-hari.

Proses pembuatan, pertama parutan kelapa dicampur dengan bumbu halus, kemudian digongseng hingga kering dan berwarna kuning kecoklatan. Selanjutnya, ditambahkan dengan bubuk cabai yang telah dihaluskan.

Tahap terakhir melakukan pencampuran, semua bahan yang telah dihaluskan dengan udang rebon secara merata, hingga produk siap dikemas.

Ditangan Supriyati (52) udang rebon menjadi olahan yang bernilai jual, kepraktisan dalam pengolahan membuatnya menjadi pilihan yang tepat, dalam pemanfaatan hasil laut yang berlimpah.

Bagi Supriyati, mengolah hasil laut menjadi berbagai jenis kerupuk dengan aneka rasa, dapat menjadi usaha yang unik dan menarik.

Sejak dulu, Supriyati sudah mendambakan akan usaha tersebut, dapat berkembang dan maju melalui kelompok yang dibentuk bersama dengan para ibu-ibu yang ada di Desa Dabong.

Ia berharap, agar setiap kelompok ibu yang ada di desa mempunyai aktivitas atau kegiatan khususnya dalam pengembangan potensi usaha, baik berupa hasil laut maupun perkebunan.

Berawal dari keinginannya tersebut, sejak tahun 2017 Supriyati sudah menekuni usaha dalam pembuatan kerupuk dengan berbagai aneka rasa seperti ikan, udang dan kepah.

Namun, seiring berjalannya waktu usaha yang dilakoninya tersebut, tak membuahkan hasil, terutama dalam hal pemasaran yang sangat jauh ia impikan.

Melimpahnya hasil laut, terutama udang rebon di Desa Dabong membuat Supriyati mulai bangkit lagi, dan mencoba menekuni usaha yang hingga saat ini dikenal oleh masyarakat dengan Ubondas.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top
Scroll to Top