Tanaman Kelapa Sejuta Manfaat Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Ambarawa

Kebun kelapa Desa Ambarawa

KUBU RAYA, sampankalimantan.id- Selain kaya akan manfaat, tanaman kelapa memiliki peranan besar dalam membantu meningkatkan ekonomi masyarakat. Maka tak heran kelapa disebut tanaman dengan sejuta manfaat.

Dari mulai akar yang dapat dijadikan sebagai ramuan untuk obat tradisional, batang kelapa ternyata seringkali digunakan oleh sebagian besar masyarakat untuk bangunan, serta daun yang dapat diolah menjadi pembungkus makanan serta pembuatan lidi.

Tentu yang tak kalah menarik, buah dari kelapa ini yang dapat diolah menjadi berbagai kebutuhan, seperti dalam pembuatan santan, minyak kelapa, hingga batoknya yang dapat dijadikan arang tempurung.

Jay, seorang petani kelapa di Desa Ambarawa, dalam kesehariannya memiliki rutinitas pada pengolahan kelapa.

Kelapa menjadi salah satu penopang utama bagi warga Desa Ambarawa, yang bergantung pada hasil kebun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Meskipun bergantung pada hasil kebun, Jay dan masyarakat di Desa Ambarawa sering menghadapi tantangan, terutama dalam harga untuk pemasaran.

Harga kelapa yang kadang tak menentu, juga mempengaruhi pendapatan petani kelapa di Desa Ambarawa.

Biasanya rentang harga yang ditawarkan mulai dari Rp 1.300 hingga Rp 2.200 untuk per butir, tergantung pada cara pengolahan dan kualitas kelapa, membuat petani harus cerdas dalam strategi pemasaran.

Editor: Evi

Archive

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top