Peran Usaha Kelapa dalam Menciptakan Lapangan Kerja Lokal

KUBU RAYA, sampankalimantan.id-Bukan hanya sebagai tempat penampungan kelapa saja, tetapi juga menjadi ladang peluang kerja bagi masyarakat yang tinggal di Desa Ambarawa.

Dari memanjat kelapa hingga mengolah buah kelapa untuk dijadikan produk olahan bernilai ekonomi. Setiap tahap produksi memberikan kesempatan bagi mereka untuk berkontribusi.

Pada musim panen, ramai masyarakat berbondong-bondong untuk mengolah hasil kelapa. Dengan berbekalan alat seadanya, telihat mereka sangat mahir serat terampil dalam menggunakan alat tersebut.

Selain menjadi tempat penampungan hasil kelapa, usaha Intan (30) di Desa Ambarawa memberikan peluang kerja bagi masyarakat disana.

Pembuatan kopra menjadi salah satu fokus utama dalam usaha ini, dan banyak ibu rumah tangga yang terlibat guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Proses ini membutuhkan waktu yang cukup panjang, dimulai dari pengupasan hingga proses pengeringan atau penyalaian kelapa.

Baik laki-laki maupun perempuan, keduanya turut serta dalam mengolah hasil kelapa. Waktu yang diperlukan biasanya sekitar empat hingga delapan jam sehari, tergantung pada jumlah kelapa yang harus diolah.

“Kelapa telah melekat pada kehidupan masyarakat di Desa Ambarawa. Bahkan, kegiatan rutin kelapa tidak terikat pada waktu ada yang bahkan bekerja di malam hari,” ujarnya.

Aroma asap dari pembakaran sabut kelapa menjadi pemandangan khas, yang menunjukkan betapa pentingnya kelapa sebagai mata pencaharian utama bagi disana.

Mereka tidak hanya menghasilkan produk, tetapi juga menjaga tradisi dan menciptakan suasana kampung halaman yang kental dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Desa Ambarawa.

Editor: Evi

Archive

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top